Aplikasi ilmu grafik komputer
Aplikasi-aplikasi Komputer Grafis
Komputer Grafis adalah cabang dari
Ilmu Komputer dan berkaitan dengan
manipulasi visual content dan proses sistesisnya secara
digital. Walaupun instilah ini sering
mengacu kepada komputer grafik 3 dimensi, tetapi
sebenarnya juga mencakup grafik 2 dimensi
dan pengolahan citra.
Saat ini, kita dapat melihat penggunaan komputer grafis
di berbagai bidang dan disiplin ilmu
seperti sains, keteknikan, seni, bisnis, industri,
kesehatan, pemerintahan, hiburan, periklanan,
pendidikan, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah
aplikasi-aplikasi yang menggunakan
komputer grafis.
1. Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan
dalam proses analisis dam desain,
khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD
banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat
elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh aplikasinya:
AutoCAD.
2. Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang
sofware engineering. CASE
digunakan dalam memodelkan user requirement, pemodelan
basisdata, workflow dalam
proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh
aplikasi: Rational Rose, SyBase
Power Designer.
3. Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang
seakan-akan begitu nyata di mana user dapat
berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau
lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras
khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3
dimensi dan memampukan user
beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan.
Contoh: aplikasi VR parachute
trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan
terjun payung. Aplikasi ini dapat
memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera
selama latihan, mengurangi biaya
penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun
payung sesungguhnya.
4. Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image,
diagram, atau animasi untuk
mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara
yang efektif dalam
mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata
sejak permulaan manusia.
Contoh: visualisasi dari struktur protein, strutur suatu
website, visualisasi hasil data mining.
5. Pendidikan dan Pelatihan
Model-model yang dihasilkan melalui komputer yang
tentunya menggunakan grafis biasa
digunakan sebagai alat bantu pendidikan. Model-model
seperti proses-proses fisika dan
kimia, fungsi-fungsi psikologi, simulasi, dan sebagainya
dapat membantu sesorang
memahami bagaimana operasi atau proses yang terjadi dalam
suatu sistem. Contoh: simulasi
rangkaian elektronik
untuk pembelajaran, salah satu aplikasinya Electroni workbench.
6. Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk
menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media
cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh:
Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
7. Hiburan
Komputer grafis juga digunakan secara luas pada bidang
entertainment khususnya
pertelevisian, motion pictures, animasi, video clips, dan
sebagainya. Film-film animasi yagn
berdar di pasaran seperti Shrek, Monster Inc.,
anime-anime Jepang, menggunakan
komputer grafis.
8. Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi
dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada
perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris,
hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola
Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari
PC, console, hingga mobile
devices.
9. Pengolahan Citra
Pengolahan citra berkaitan dengan teknik-teknik untuk
modifikasi dna intepretasi citra,
meningkatkan kualitas citra, analisis citra, dan
mengenali pola-pola visual yang ada dalam
suatu citra. Contoh: perbaikan citra sehingga menjadi
lebih jelas.
10.Computer Vision
Compute Vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dari
mesin-mesin yang dapat
melihat. Sebagai disiplin ilmu, computer vision berkaitan
dengan teori untuk membangun
sistem buatan yang dapat menarik informasi dari
citra-citra. Informasi tersebut kemudian
dapat digunakan sebagai input dalam mengambil keputusan
atau tindakan. Data citra yang
diambil dapat berupa video, citra dari berbagai kamera,
dan sebagainya.
11. Graphical User Interface
Graphical User Inteface adalah antarmuka grafis yang
mempermudah interaksi manusia
dengan komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh
komputer. GUI sudah sering kita
lihat berupa window-window yang digunakan pada sistem
operasi Windows, Mac, maupun
hei kawan, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti
BalasHapus- www.gunadarma.ac.id
- www.studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain
karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill
makasi :)